Koneksi Makin Mudah

Teknologi Wi Fi cocok untuk operator seluler. Tidak perlu banyak mengganti alat untuk menyambut era 3G.

Bluetooth, mungkin sudah familiar di telinga Anda. Sebuah teknologi yang memungkinkan koneksi antara ponsel dengan komputer atau peralatan lain tanpa harus menggunakan kabel. Nah, sekarang ini sedang berkembang pesat telnologi Wireless LAN (Local Area Network) atau lebih dikenal dengan Wi Fi (Wireless Fidelity). Ada kemiripan dengan Bluetooth.

WiFi ini merupakan brand yang diberikan oleh Wireless Ethernet Compability Alliance (WECA) untuk IEEE 802.11 b. Dan siapa saja atau vendor mana pun dapat memproduksinya asalkan mendapat persetujuan dari WECA tersebut. Teknologi ini merupakan perkawinan antara teknologi wireless dengan wire line. Spektrum frekuensi yang digunakan oleh WiFi adalah 24 Ghz dan 5Ghz.

Biasanya, yang mengoperasikan layanan WiFi ini adalah operator seluler terutama GSM yang bekerja sama dengan operator telepon biasa yang memiliki fasilitas broadband. Yang satu menggunakan LAN (Local Area Network) dan yang lain WAP. Teknologinya berkesinambungan dan menjadi komplementari dari GRPS dan 3G network.

Namanya juga Local Area Network jadi jangan dibayangkan layanan ini akan berada di mana saja. Soalnya untuk mengakses layanan ini harus berada di area tertentu yang sering disebut dengan hot spot. Wilayah dimana sebuah Access controller di tempatkan oleh operator penyedia jasa.

Biasanya, wilayah publik yang dijadikan target pemasangan seperti bandara, restoran, hotel atau kafe. Untuk satu alat mampu menjangkau minimal 25 meter sampai maksimal 100 meter.

Untuk mencapai sebuah hot spot menggunakan jaringan yang dimiliki oleh operator seluler. Lalu disambungkan ke server. Selanjutnya akan dibimbing masuk ke dunia internet menggunakan jaringan yang dimiliki oleh operator yang memiliki fasilitas broadband.

Sebuah hot spot mampu mengakomodir akses data sampai 11 Mbs share bandwidth dalam converage. Misalnya dalam satu hot spot digunakan oleh lima orang maka setiao orangnya akan kebagian sekitar 2 MBs.

Masih lebih besar dibandingkan dengan teknologi lain. Sebagai pembanding yang paling dekat adalah bluetooth yang baru mencapai 721 Kbps. Dengan demikian, data yang dapat diakses bukan sekedar teks tetapi termasuk gambar atau file multimedia. Sebagai catatan kecepatan itu juga dipengaruhi oleh kemampuan ISP.

Semua itu memungkinkan komunikasi data dilakukan saat dalam perjalanan. Dengan menggunakan PDA atau Notebook yang sudah dilengkapi dengan Wireless LAN Card tetap bisa surfing internet. Bahkan melakukan komunikasi dengan pusat server perusahaan anda bekerja. Pengiriman atau penerimaan data dapat dilakukan kapan saja. Lebih mudah dan tidak perlu datang ke kantor untuk menyelesaikan tugas.

Sumber: T&T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s