Kendalikan Piranti dengan SMS

Jawa Pos

Berbagai macam piranti ternyata bisa dikendalikan melalui SMS (short message service) dari telepon selular (ponsel). Misalnya menghidupkan dan mengatur dinginnya AC, derasnya aliran air pada pompa, pengaman mobil dari pencurian, hingga memantau kondisi alat-alat di pabrik.

Kemampuan ini kemudian diterapkan oleh Didik Puji Utomo, mahasiswa S-1 Teknik Komputer STIKOM dalam karya Tugas Akhir-nya. Ia membikin dinamo motor arus searah (DC) yang bisa dikendalikan via SMS.

“Caranya, saya tinggal mengirimkan SMS ke piranti pengendali motor DC. Isi SMS adalah kecepatan motor DC yang dimulai dari 0 sampai dengan 255,” terang alumnus SMUN 17 Surabaya ini.

Selanjutnya, mikrokontroler (prosesor untuk mengontrol) akan membaca isi SMS yang diterima dari ponsel yang terhubung pada alat dan memerintahkan motor DC berputar sesuai dengan kecepatan yang diminta oleh SMS.

Untuk mengetahui kecepatan putaran (rotation per minute; RPM) dinamo yang sebenarnya, motor DC dipasangi sensor kecepatan optocoupler. Sensor ini bisa mengirimkan informasi ke ponsel yang terpasang pada alat, selanjutnya ponsel mengirimkan SMS ke ponsel pengendali yang dipegang pengguna.

“Isi SMS adalah kecepatan putaran motor DC. Jadi, bisa segera diketahui apakah perintah untuk mempercepat atau memperlambat motor DC sudah sesuai dengan keinginan,” ungkap pemuda berzodiak Gemini ini.

“Selain itu, dengan mengirimkan SMS berisi ‘Motor off’ maka motor DC bisa dimatikan dari jarak jauh,” papar pria berkacamata minus yang pernah bekerja men-setting jaringan (LAN) untuk game station tersebut.

Peraih indeks prestasi 3,3 dan nilai Tugas Akhir A ini membutuhkan waktu satu semester untuk menciptakan piranti tersebut. “Kalau soal dana, saya habis Rp 500 ribuan,” paparnya. Duit itu untuk membeli ponsel second hand Nokia 6110 seharga Rp 300 ribu. Sisanya, untuk membeli mikrokontroler, display LCD, dan komponen-komponen elektronika lain.

Sulitkah membuat gadget seperti ini? “Kesulitannya adalah bagaimana membuat ponsel penerima pesan SMS bisa berkomunikasi dengan mikrokontroler,” pungkas mahasiswa angkatan 1999 yang hobi mengutak-atik komputer ini.

One response to “Kendalikan Piranti dengan SMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s