Berpuasa : Sebuah Hidroterapi Usus Besar

Oke, bulan puasa mungkin sudah lewat pada saat edisi ini Anda terima dan baca. Tapi tujuan artikel ini bukan untuk mengingatkan Anda untuk tidak bolong lagi puasanya tahun depan, tetapi untuk menyampaikan informasi ekstra bahwa berpuasa itu sangat penting untuk kesehatan.

Artinya, Anda perlu berpuasa sesekali meski pun bukan di bulan puasa. Berpuasa adalah satu-satunya terapi penyembuhan natural yang terbaik. Puasa bukan hanya memiliki fungsi terapis tetapi juga membantu mencegah timbulnya berbagai gejala penyakit kronik, diabetes, darah tinggi, kolesterol dan lain-lain.

Dalam berpuasa, bukan berarti tidak makan dan minum kita menghindari memakan makanan padat (nasi, roti, daging, tepung-tepungan serta gula dan lain-lain). Jadi hanya mengkonsumsi dalam bentuk cairan atau jus. Komponen-komponen dalam berpuasa adalah: air putih, jus sayur, jus buah, atau pun teh herbal dan sup hangat/bening.

Semua komponen ini berperan penting dalam proses detoksifikasi, membantu membuang racun dari dalam tubuh. Pada saat berpuasa, seluruh organ tubuh, sirkulasi darah bahkan kelenjar bening berkesempatan untuk beristirahat dari segala aktivitasnya.

Sehingga memberi kesempatan sel-sel tubuh untuk meregenerasi sel-sel baru dan sehat yang tentu saja akan membuat metabolisme tubuh kita menjadi lebih baik secara keseluruhan. Puasa meningkatkan proses pembuangan racun dari usus besar (colon) , hati (liver) , ginjal, paru-paru, pankreas dan kulit.

Langkah-Langkah Berpuasa 1. Pre-Cleanse Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tubuh untuk menghindari tubuh menjadi kaget, lemas dan pusing. Mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan tanpa unsur hewani mau pun telur, yaitu mulai makan secara vegetarian (sayuran mentah) atau buah-buahan potong segar selama 1-3 hari sebelumnya. 2. Selama Puasa Hanya minum jus buah dan air putih, tanpa makan apa pun yang lain.

Hanya mengkonsumsi jus dimaksudkan mengistirahatkan total sistem pencernaan. Bila mengunyah atau makan buah berarti enzim bekerja. Jus sebaiknya dikonsumsi setiap 2 jam sekali atau kalau merasa lapar.

Melakukan Colon Hydrotherapy membantu mengeluarkan akumulasi toksin, membersihkan usus besar dari tumpukan kotoran yang keras dan melekat lama di sepanjang dinding usus yang tidak bisa keluar secara alami.

Di dalam tubuh kita terdapat berbagai macam organ eliminasi yang berfungsi untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh seperti kulit, paru-paru, hati ginjal dan salah satunya adalah usus besar (colon) .

Gaya hidup yang serba instan dan stres menyebabkan usus besar tidak dapat berfungsi dengan baik, apalagi ditambah dengan kurang olahraga serta banyak mengkonsumsi makanan olahan dan obat-obatan antibiotik, menyebabkan flora dalam usus besar akan rusak.

Akibatnya berbagai macam kuman, parasit akan tumbuh subur merusak pertumbuhan kuman baik. Terapi cuci usus besar/ colon hydrotherapy sudah dikenal dan dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, terapi ini mulai populer sekitar tahun 20, 30, dan 40, yang pada saat itu sudah menggunakan alat sederhana.

Sekarang terapi cuci usus dikenal sebagai terapi pengobatan komplementer dengan cara yang aman, untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit degeneratif. Usus besar berfungsi sebagai tempat penampungan akhir/kotoran dari sisa makanan dan serat-serat mekanan yang tidak tercerna yang berasal dari saluran pencernaan.

Jika usus besar tidak kita bersihkan maka sisa-sisa makanan yang menumpuk semakin lama akan semakin tebal dan pada akhirnya akan menutup seluruh ringga usus besar kita ini merupakan awal dari timbulnya konstipasi/sembelit/susah buang air besar.

Kerak-kerak/plak yang sudah bertahun-tahun bertumpuk dan tidak pernah dibersihkan akan menimbulkan toksin/racun yang akhirnya terserap ke dalam tubuh/autointoksikasi, lalu beredar ke dalam sirkulasi darah, merusak jaringan-jaringan tubuh, organ-organ tubuh, menurunkan vitalitas dan imunitas, serta timbulnya berbagai macam penyakit degeneratif seperti penuaan dini, diabetes, jantung, hipertensi, stroke dan banyak lagi.

Colon Hydrotherapy adalah cara efektif untuk membersihkan usus besar kita dari sampah-sampah yang sudah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun menempel dengan menggunakan air bersih tanpa menggunakan bahan kimia mau pun obat-obatan.

Banyak pakar kesehatan akhirnya menyadari bahwa banyak penyakit bermula dari usus besar. Keseluruhan proses terapi ini hanya memakan waktu paling lama 1 jam dan menggunakan sistem tertutup. Kebersihan dan kenyamanan pasien sangat terjamin, sehingga sebelum, selama, mau pun sesudah proses Colon Hydrotherapy pasien akan tetap rileks.

Perlu diketahui bahwa pencucian usus besar ini tidak cukup dilakukan 1x saja karena sudah terlalu lengketnya kotoran dalam usus besar selama bertahun-tahun. Setidak-tidaknya dilakukan 3x terapi, baru hasil yang baik akan Anda peroleh.

Yang paling merasakan keuntungan dari terapi cuci usus ini adalah mereka yang mengalami konstipasi. Juga mereka yang sering mengalami kembung, mual, sakit maag, yang cepat kenyang walau hanya makan sedikit, atau yang kurang nafsu makan.

Penderita kanker juga dapat mengikuti terapi ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu masalah pencernaan. Juga masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, alergi dan lain-lain dapat terbantu dengan terapi ini karena kulit merupakan organ eskresi terbesar dimana kulit yang kurang sehat mencerminkan usus besar yang kurang sehat pula.

Hal-hal yang perlu diingat dalam Colon Hydrotherapy :

  1. Terapi ini dapat menjangkau sampai daerah cecum yang tidak dapat dijangkau oleh terapi enema.
  2. Bagian yang dibersihkan oleh terapi ini adalah semua bagian dari usus besar. Usus kecil tidak termasuk dalam terapi ini, pembersihan usus kecil dapat dilakukan dengan minum suplemen yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
  3. Mesin modern colon menggunakan sistem disposible , hanya sekali pkai, sehingga tidak mungkin terkontaminasi.
  4. Bahkan jika Anda sedang haid sekali pun, Anda masih dapat mengikuti terapi ini.
  5. Jangan makan makanan berat 2–3 jam sebelum terapi.

Perlu mengkonsumsi bakteri baik (acidophilus) setelah selesai Colon Hydrotherapy karena bakteri baik mau pun jahat keluar bersama dengan kotoran dalam proses Colon Hydrotherapy sehingga perlu mengkonsumsi bakteri baik (acidophillus) untuk menggantikannya. (saduran: Healthy Choice Detox Center)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s