Rahasia Sang Penakluk

Kita semua suka bicara, tetapi kadang-kadang kita melupakan bagian yang paling penting dalam sebuah percakapan. Kebanyakan dari kita melewatkan paling sedikit beberapa menit untuk berusaha meningkatkan keahlian bicara kita.

Mungkin ini melibatkan sesuatu yang sesederhana saat seorang karyawan yang mengatur pemikirannya sebelum dia menemui Bos. Atau mungkin seperti seorang pemuda yang menyusun kata-kata saat akan melamar kekasihnya.

Kita berkeyakinan bahwa bagaimana cara kita bicara sangat penting,tetapi kita sering lupa bahwa aspek lainnya, `kemampuan kita untuk mendengarkan’ mungkin sama pentingnya. Kita sering sibuk memikirkan kalimat-kalimat berikutnya ketika orang lain sedang bicara, bukannya mendengarkan dengan cermat kata-katanya yang tepat.

Kalau anda dalam percakapan atau perundingan bisnis, berusahalah menjernihkan pikiran anda dari semua pilihan dan prasangka pribadi yang paling anda sukai. Lakukanlah usaha untuk melihat percakapan dengan pandangan yang terang. Dengar dari kerangka referensi orang lain.

Apa yang dialaminya hari ini? Bagaimana keadaan emosinya secara umum? Dengarkanlah dengan telinga dan mata anda. Faktor-faktor itu akan memainkan peranan penting dalam bagaimana cara anda meninjau kata-kata yang sesungguhnya diucapkan.

Mendengarkan dengan baik adalah keahlian yang memerlukan latihan,empati dan perhatian yang sesungguhnya kepada orang lain. Namun imbalannya besar sekali, sebab pendengar yang baik biasanya mempelajari banyak hal dan mempunyai banyak teman.

Seorang kawan yang dijuluki sebagai seorang playboy saya tanya apa resep rahasianya sehingga dia sangat hebat dalam menaklukkan hati banyak wanita. “Sederhana saja kawan, saat bercakap-cakap dengan mereka.. ” katanya lagi.. “Buanglah jauh-jauh kata ‘aku’ dan gantilah dengan kata ‘kamu'”.

haryoardito

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s