Seberapa jauh manfaat tindakan kita hari ini

Memang kita hidup di hari ini, namun akibat dari tindakan kita tidak berhenti pada hari ini juga. Ia terus berjalan seiring dengan detak waktu. Terkadang ia berubah jadi harapan. Tak jarang pula ia menampakkan wajah kecemasan.

 

Bahkan, jika toh kita tak berusaha memikirkannya, kelak ia akan mengusik kesadaran dan ingatan kita. Itu mengapa kita dianugerahi cita-cita, juga kekhawatiran. Tindakan kita sekarang selalu membawa dampak pada kehidupan dikemudian hari.

Lemparkan sebutir batu pada permukaan danau yang tenang. Sekejap ia akan menimbulkan riak-riak gelombang. Namun berangsur-angsur ombak itu menghilang ke tepian.

 

Permukaan danau pun kembali tenang. Jika lemparan batu itu adalah tindakan kita, apakah ketika air danau menjadi tenang lantas kita berpikiran bahwa segala sesuatunya kembali seperti sedia kala?

 

Apakah tindakan kita, sekecil apa pun itu, kelak akan lenyap tak berbekas? Tidak. Memang permukaan danau tak lagi menampakkan gelombang, namun sadarkah kita bahwa gelombang yang sama telah mengubah wajah tepian pantai danau tersebut? Dan tindakan kita telah mengubah dunia, sekecil apa pun perubahan itu. Maka, perubahan apa yang sebenarnya ingin kita catat dari tindakan kita sekarang?

(Trainers Club-M. Yunus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s