Mengemudi Nyaman dengan Interior Segar

Kontributor: Dian Lestariningsih

–> Jakarta, Macet, panas, interior berbau, dan berantakan, bikin pusing kepala dan stress! Solusinya, luangkan waktu sesaat, segarkan kembali interior mobil Anda.

Tentukan waktu yang pas
Membersihkan interior sebaiknya dilakukan pada hari libur di pagi hari, antara pukul 07.00 sampai pukul 09.00 di halaman rumah. Alasannya, selain tidak panas,lokasi pun terang.

Siapkan peralatan yang diperlukan
Sebelum memulai membersihkan interior mobil anda, disarankan untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Misalnya; Lap Chaomis, lap katun bersih, sikat kecil,sikat gigi, lap pel bersih, kuas kecil, pembersih interior baik untuk dashboard dan bahan kulit, vacuum cleaner, kemoceng, shampoo, serta ember kecil.

Rapikan barang-barang di dalam mobil
Keluarkan barang dari kolong jok, dashboard, konsol tengah, door pocket,laci-laci, atau tempat penyimpanan lain. Ini akan memudahkan anda untukmembersihkan interiornya.

Dahulukan membersihkan bagian permukaan
Setelah barang-barang dikeluarkan dari dashboard, pintu dan kantung-kantung penyimpanan, lakukan pembersihan debu dengan kemoceng dan kuas kecil di seluruh permukaan, celah, sisi dashboard, serta door pocket. Gunakan kuas kering untuk menyapu sirip-sirip lubang keluarnya udara AC. Biasanya, debu halus dan pekat berdiam di antara celah sirip ini. Sisi-sisi dekat head-unit dan panel indicator lain jangan luput dari sapuan kuas.

Gunakan lap basah dan cairan pembersih
Seka dan gosok dashboard mobil Anda dengan lap katun bersih yang telah direndam dan diperas dengan cairan pembersih. Bila anda tidak memiliki cairan pembersih anda dapat meracik cairan pembersih sendiri.

Cukup gunakan shampoo dan air (sebaiknya air hangat) sebagai cairan pembersih. Tuangkan racikan tersebut kebotol semprot atau ember kecil. Lakukan secara hati-hati sesuaikan dengan kontur permukaan dashboard.

Sebaiknya interval antara menyeka basah, menggosok, dan mengeringkan jangan terlalu lama. Gunanya, agar tidak ada bekas campuran air-shampoo yang mongering (biasanya berwarna putih).

Jika ada kotoran yang membandel dan kuas tak mampu mengusirnya, pakailah sikat gigi. Lakukan dengan hati-hati agar tangkai sikat gigi tak menggores lapisan dashboard. Usai dashboard, lakukan hal yang sama pada trim pintu.

Bersihkan jok
Jika mobil Anda menggunakan jok berbahan kain, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu. Gunakan lap dan cairan pembersih. Pakai secukupnya lalu gosok permukaan jok agar debu yang melekat di permukaan terangkat. Jika ada noda yang sulit hilang, gunakan sikat gigi dengan cara yang sama ketika anda membersihkan dashboard tadi. Setelah itu, keringkan kembali dengan vacuum cleaner.

Jika jok mobil Anda berlapis kulit, lakukan hal yang sama dengan yang berbahan kain, tapi perlakuan pada bahan kulit mesti lebih hati-hati ketimbang yang berbahan kain. Demi meningkatkan kualitas, tak ada salahnya gunakan pembersih khusus bahan kulit yang banyak beredar di pasaran.

Bersihkan plafon
Biasanya, plafon atau langit-langit adalah bagian yang luput dari perhatian. Padahal, plafon juga turut berperan terciptanya bau aneh pada interior. Untuk membersihkannya; vacuum dulu, jika ada noda sulit hilang seka dan gosok dengan lap chamois basah atau gunakan sikat gigi, dan keringkan kembali dengan vacuum cleaner.

Ingat jangan menyeka terlalu basah atau menyemprot terlalu banyak. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kelembaban yang mengundang aroma tidak menyenangkan.

Bersihkan karpet
Pertama lucuti karpet lapisan luar. Jika berbahan karet, cukup disiram dengan air. Oleskan sabun dan sikat dengan sikat kecil lalu keringkan. Jika berbahan kain atau bahan lainnya, cukup di-vacuum saja dan gosok seperti Anda menggosok jok. Setelah itu keringkan.

Selanjutnya, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu pada permukaan karpet bagian dalam. Apabila Anda telah melindungi karpet lapisan dalam dengan karpet berbahan plastik, ambil kain pel, basahi dengan cairan pembersih air-shampoo dan gosok merata ke semua sisi. Sebelumnya, tentu saja di-vacuum dahulu agar butir pasir dan debu tersedot secara maksimal.

Bersihkan kaca bagian dalam
Noda minyak yang berasal dari tangan, debu, dan jamur biasanya melekat di kaca bagian dalam. Selain tidak enak dilihat dan mengganggu pandangan depan –khusus untuk kaca depan– noda-noda itu pun tak menutup kemungkinan menyumbang aroma tak sedap dalam kabin.

Semprot dan seka kaca dengan air murni saja dahulu. Tidak usah dicampur apa-apa. Jika noda minyak sulit hilang, baru oleskan cairan pembersih pada bagian yang ternoda saja dan gosok dengan gaya memutar. Segera keringkan dengan lap katun bersih sebelum mengering secara alamiah.

Berikan sedikit pengharum
Kalau yang satu ini masalah selera. Ada yang suka memakai parfum mobil, atau hanya menyemprotkan pewangi beraroma buah dan bunga sesekali dan seperlunya saja. Namun, ada juga yang tidak ingin kabinnya penuh dengan wewangian sintetis. Trend meletakkan bunga-bunga kering dan kulit buah kering sebagai penebar aroma juga cukup digemari belakangan ini. (fta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s