Obat untuk menaikkan HB

Posted by: “Aya” celeste1103@yahoo.com

Tanda2 kekurangan zat besi adalah cepat lelah, kulit tampak pucat (gak harus muka, bisa dilihat di telapak kaki atau dari warna kuku2 dijari2), stamina & prestasi menurun, cepat berasa kedinginan dan restless legs syndrom. HB rendah belum tentu berarti kekurangan zat besi, bisa jadi kekurangan vit B12 atau folic acid. Infeksi atau radang bisa juga menyebabkan HB turun.

Sama mau bagi pengalaman soal HB rendah. Beberapa bulan lalu saya diresepin Ferrofumaraat 200 mg krn HB saya 6,6 disertai kondisi dimana saya selalu merasa kedinginan (even in the summer) dan telapak kaki saya pucat dan saya sempet pingsan 2 kali selama kehamilan saya ini.

Harusnya sih saya minum itu obat 2 kali sehari, tapi krn obat tsb membuat buang air besar rada mampet (yg biasanya tiap hari, jadi tiap 3 hari sekali), maka dosisnya saya kurangi menjadi 1 kali sehari. Saya kurang tahu apakah di Indonesia namanya sama atau beda, sebab saya di Belanda. Sedikit info mengenai obat ini, seperti obat2an lainnya, kalo disini kita dikasih juga selebaran mengenai informasi singkat bagaimana menggunakan obat ini dan makanan ada yg boleh/tidak boleh dikonsumsi saat menggunakan obat ini.

Tablet zat besi Ferrofumaraat ini sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dgn minum susu/teh atau kopi, atau produk susu mis: keju, yoghurt dan sejenisnya. Karena produk susu & kafein (teh & kopi) dpt mempersulit penyerapan zat besi dlm tubuh. Sebaiknya diminum dgn air putih atau jus buah yg mengandung vitamin C. Obat ini sebaiknya diminum 1/2 jam sebelum makan apapun tapi kalo misalnya org tsb memiliki gangguan lambung, sebaiknya diminum setelah makan saja (paling lambat 1 jam stlh makan)

Zat besi bisa di dpt dari produk hewani maupun tumbuh2an. Tubuh menyerat zat besi hewani lebih baik ketimbang zat besi produk nabati. Namun demikian tentu saja produk zat besi nabati bisa lbh diserap dgn baik bila dibantu vitamin C. Makanya sekarang saya baru ngah kenapa org barat & juga sarapan di hotel2 selalu menyediakan orange jus pagi2, dan lebih jarang kita lihat sarapan yg dibarengin minum susu.

Trus makanan yg mengandung zat besi yg bisa membantu menaikan hb:

  • Roti dari gandum (yg berwarna coklat)
  • Daging sapi & kambing lebih banyak mengandung zat besi ketimbang daging babi atau ayam.
  • Sayuran berdaun warna hijau.
  • Telur, tahu
  • Hati (ini mengandung banyak zat besi & vit.A) tapi kalo lagi hamil jgn sering makan hati krn Vit.A-nya banyak sekali dan menurut sumber2 yg saya baca, kebanyakn Vit. A tidak baik utk janin, tapi kalo Betacaroteen tidak masalah.
  • Makan buah & sayuran dpt membantu penyerapan zat besi ke dlm tubuh menjadi lebih baik (contoh: orange jus tadi)

Mudah2an cukup membantu.

Semua info yg saya utarakan diatas bukan hasil mengarang tapi ada sumbernya disini : http://www.voedings centrum.nl/ EtenEnGezondheid /Voedingstoffen/ vitamines+ en+mineralen/ IJzer.htm (dlm bhs Belanda)

8 responses to “Obat untuk menaikkan HB

  1. betapa lega hati saya mendengar kabar yang membahagiakan ini.

    seandainya sang permata, seorang wanita yang tiada engkau kenal dan tiada pula dekat dengan engkau wahai sang penulis yang baik hati.

    seandainya dia yang telah dimiliki empunya dapat melihat artikel ini, saya senang sekali.

    benar jika dikatakan bahwa saya amat sangat khawatir, walaupun diluar sepengetahuannya… atas …

    apa yang menimpanya T_T… HB rendah itu…
    saya benar benar khawatir saat dia melahirkan..
    saya khawatir saat dia mengatakan akan mengikuti pendakian gunung..
    membuat saya hanya dapat memberikan saran untuk belajar mengemudi.

    segala kekhawatiran ini membuatku tidak sanggup melakukan apapun yang pasti…
    sehingga sampai detik terakhir.. saya tidak dapat mengungkapkannya..

    saya benar-benar berharap dapat menemukan obat itu..
    ya! harus kutemukan obat itu!
    kusingkirkan tugas-tugas formalku.
    kugeluti ilmu-ilmu kedokteran..
    kupatahkan buku setebal papan..
    kujelajahi dunia yang datar ini..
    kupertaruhkan segala gelar akademik..

    saat harapan itu terkabul, saat ini, aku hanya pasrah ketika dia dititipkan pada orang… yang.. dapat dipercaya…

    jika engkau sudi wahai penulis yang baik hati, tunjukkanlah artikel yang sangat berharga ini pada dirinya… sekadar suatu titipan.. untuk.. cinta hidupku yang saat ini tidak bisa diraih.. dia, sang permata yang telah kunanti tanpa pasti (catatan:pinjami aku istilah ini wahai kawan!). kumohon T_T.

    ..biarkan aku.. meratap sendiri.. T_T sampai habis cairan tubuhku dan teronggok kering kerontang membiru….lalu menghitam.

    catatan lagi:
    nama sang permata ada di antara kerajaan dunia maya dan mimpimu wahai penulis yang baik hati!!!
    sampaikanlah kepada dirinya, siapapun yang terlintas di dalam mimpimu..
    kuhubungkan pikiranku dengan pikiranmu.
    biar kusampaikan saat aku tertidur…
    TIDAK MENGANDUNG UNSUR MAGIS!!!
    TIDAK ADA JAMINAN BERHASIL!!!

    bagaimana metode ini bekerja? inilah perkiraan saya:
    1.saat engkau melihat nick dalam pesan ini, akan terlintas sesuatu dalam benakmu
    2.kemudian engkau akan meng-klik tombol search atau tekan enter bila dirimu ada
    dalam sebuah bilangan yang diplesetkan.
    tik..tak..tik..tak…..paling lama 5 menit kemudian.. sudah?…
    …..nah itulah bilangan yang diplesetkan sebagai sebuah nama…dan engkau berada di situ…
    3.engkau akan mengalami sedikit kebingungan
    4.engkau akan memikirkannya
    5.kemudian engkau akan terlelap
    6.jika saat itu aku sedang bermimpi, 30% (kurang yakin juga) kemungkinan engkau akan melihat sesosok wanita yang menyebutkan namanya, atau mungkin hanya terdengar nama seseorang yang disebutkan secara cepat.
    7.kemudian pergilah ke facebook, lalu cari nama tersebut.
    8.jangan ragu sedikitpun (karena biasanya tebakan pertama itu benar), add friend, lalu sampaikanlah artikel ini.

    telepathy (tele=far,pathy=feeling)
    ..entah apa itu bekerja atau tidak, tetapi percobaan pelemparan dadu dengan keyakinan akan keluarnya angka enam dapat dibuktikan tanpa gagal beberapa tahun yang lalu (berhasil pada setiap lemparan). saat itu diriku berada di sisi permata yang lain (permata cadangan). permata cadanganku yang manis tersebut tersenyum dan dengan sedikit campuran rasa heran, kagum, dan kaget bertanya, “kok bisa?!”. sampai saat ini juga saya tidak bisa menjelaskannya. maka marilah kita lakukan percobaan kedua, wahai penulis yang baik hati!

    salam hangat, damai, indah, dan lestari

    neatnalta, sang tornado sepoi-sepoi.

  2. Terima kasih banyak untuk infonya, sangat membantu.

    Kebetulan HB saya juga di bawah rata-rata, baru ngeh kalau itu yang menyebabkan saya cepat merasa dingin & paha serta kaki suka tidak nyaman rasanya. Selain itu juga ada bengkak-bengkak di persendian (ah ternyata rematik!).

    Tapi sayangnya dokter di Indonesia jarang sekali yang memberikan info lengkap tentang obat, vitamin, makanan & gaya hidup. Yang ada hanya resep, cek lab, pasien keluar uang. Padahal pasien kan perlu secara sadar & mandiri menjaga kesehatannya.

    Sekali lagi, terima kasih banyak ya!

Leave a Reply

