Arti Roti Buaya di kebudayaan Betawi

Setiap kali ke undangan ke orang Betawi, wah.. saya sangat antusias untuk mendatanginya, karena selain suka makan laksanya, saya juga suka dengan gadis-gadisnya yang berkerundung dan bersanggul diatas kepalanya, di setiap perayaan pernikahan seperti itu, selain banyaknya kue-kue yang tersaji di priring-piring kecilnya.

Ada satu hal yang membuat saya tertarik, pada saat mempelai laki-laki datang ke tempat mempelai wanitanya, pasti ada sepasang Roti Buaya, yang kadang-kadang besarnya seperti ukuran buaya beneran.

Malah di dekat toko saya ada Toko Roti Lauw, yang khusus menjual Roti buaya, dan setiap kali pada saat melewati toko tsb dan melihat ada orang yang membeli Roti buaya dalam ukuran besar, serta merta saya selalu tersenyum.

Penasaran kenapa orang betawi kok selalu pake Roti Buaya, padahal di kenyataannya orang suka menyamakan istilah buaya itu sama laki-laki yang Playboy, dengan ungkapan ” Dasar Buaya Darat ” atau “Lelaki Buaya darat”

Akhirnya pertanyaan sayapun terjawab, ternyata dalam kebudayaan Betawi sepasang Roti Buaya itu merupakan harapan atau simbol agar sepasang mempelai itu selalu saling setia dan selalu bersama kemanapun mereka pergi, karena Buaya itu binatang yang sangat setia dengan pasangannya, dan pada masa kawinnya buaya selalu pergi kemanapun bersama pasangannya.

Jadi sayapun mengerti ternyata Buaya itu binatang yang setia pada pasangannya, dan ini hanya berlaku untuk buaya yang ada di sungai dan buaya yang di laut.

Kalau yang di Darat ????? Ya… tetap aja BUAYA DARAT……..

LIQUID…JAWAB….. Bener nggak….. sekali Buaya Darat tetap Buaya Darat
?????He…he…he…

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s