Penyakit Bawaan Air ( Water Borne Diseases )

Air merupakan kebu-tuhan dasar makhluk hidup. namun air yang disediakan untuk keperluan sehari – hari, ter-masuk untuk keperluan MCK, juga dapat memberikan dam-pak yang merugikan bagi ma-nusia beserta lingkungannya.

Tentunya saja hal ini jika air yang diberikan tidak memenu-hi syarat kualitas sanitasi dan higiene yang dibutuhkan. Ke-tidakcukupan kualitas, Kuanti-tas, dan aksesibilitas, dapat membuka peluang munculnya penyakit bawaan air ini.

Pertama, dalam penye-baran penyakit menular, sumber – sumber air yang digunakan oleh pengungsi dapat menjadi pnyebar mikroba patogen ( true water borne diseases). Contoh penyakit yang ditimbulkan ada-lah diare, kolera, typus, dan parathypu.

Kedua, air dapat menjadi sarang insekta penyebar pe-nyakit ( water related vector bor-ne diseases). Contoh penyakit dari golongan ini adalah demam berdarah dan malaria.

Ketiga, air berperan se-bagai sarang hospes semen-tara penyakit (water based borne diseases ). Contoh dari go-longan ini adalah dracontiasis dan schistomiasis ( keduanya penyakit yang disebabkan oleh cacing patogen).

Terakhir, akibat keti-dakcukupan kuantitasnya, air dapat pula menyebabkan penyakit ( water washed dise-ases).Contoh dari golongan ini adalah trachoma dan scabi-esis penyakit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei.

About these ads

One response to “Penyakit Bawaan Air ( Water Borne Diseases )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s